Perpustakaan

Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis disediakan untuk mahasiswa dan dosen dengan koleksi Buku dalam dan luar negeri, berbagai Laporan Akhir (Skripsi Tesis, Disertasi), Majalah, Jurnal, Surat Kabar, Data Statistik dan Koleksi lainnya. Perpustakaan FEB UNDIP meliputi Unit S1 Reguler (dua unit), Unit Referensi D3 dan Unit Perpustakaan Pascasarjana (tiga unit)  serta Unit Referensi PPA (Pendidikan Profesi Akuntan) yang lokasinya tersebar di lingkungan Fakultas Ekonomika dan Bisnis baik dikampus Tembalang maupun kampus Erlangga, yaitu:

  • Kampus Tembalang, Gedung Laboratorium :
  1. Unit Perpustakaan S1 Reguler  (Sirkulasi = lantai 1)
  2. Unit Perpustakaan S1 Reguler  (Referensi = lantai 2)
  • Kampus Erlangga :
  1. Unit Perpustakaan Program Magister Manajemen (Referensi + CD ROM = lantai 1)
  2. Unit Perpustakaan Program Magister Sains Akuntansi (Referensi = lantai 1)
  3. Unit Perpustakaan S3 (Referensi = lantai 2)
  4. Unit Perpustakaan D3 (Referensi = lantai 2)
  5. Unit Referensi Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA = lantai 1)

Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis menyediakan fasilitas - fasilitas sebagai berikut :

  • Penelusuran koleksi dapat dilakukan dengan menggunakan OPAC (Online Public Access Catalog) melalui anjungan LAN pada perpustakaan ataupun dari internet.
  • Sistem sirkulasi (pengembalian dan peminjaman) yang sudah terautomasi dengan barcode system.
  • Sistem pengamanan (security) dengan menggunakan sensormatic di ruang referensi dan pemantauan cermin cembung (convex mirror).
  • Akses jurnal internasional dan E-books secara online. Fasilitas ini harus diakses di lingkungan kampus Universitas Diponegoro Tembalang, Pleburan dan Rumah Sakit Karyadi (menggunakan IP Public UNDIP). Saat ini segenap civitas akademik UNDIP bisa mengakses E-Journals maupun E-Books, dan selama berada diluar jaringan UNDIP pengguna bisa menanyakan Password dan Username kepada petugas pepustakaan.
  • Beberapa akses E-Journals/Jurnal online yang dilanggan UNDIP dan bisa dimanfaatkan dan didayagunakan oleh semua civitas akademik UNDIP.
  • Selain itu, fasilitas Akses E-Journal UNDIP lainnya seperti: Wolter Kluwer OvidSP; IEEE Computer Society Digital Library (CSDL); dan Gale Cengage Learning. Akses untuk fasilitas Free E-Journals, misalnya : J-STAGE Free EJournal (Japan), DOAJ (Directory of Open Access Journals). Akses untuk fasilitas E-Books, misalnya : ENGnet Base CRCnetBASE, AMA (American Management Association), GLOBAL Professional Publishing, Fasilitas Online ADT (Australian Digital Theses) yang meliputi tesis dan disertasi full text dari seluruh mahasiswa yang studi di Australia sejak tahun 2004 dalam bentuk PDF yang dapat diakses melalui http://adt.caul.edu.au/.
  • Fasilitas portal Referensi Ilmiah Indonesia (Indonesian Scientific Resources). Fasilitas RII tersebut menjadi portal penemuan referensi ilmiah Indonesia yang merupakan titik akses terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti Indonesia. Namanya disebut dengan Garuda (Garba Rujukan Digital). Civitas akademik UNDIP dapat mengakses melalui DIGILIB perpustakaan pusat http://digilib.undip.ac.id/ yang menyertakan link pada halaman situs atau bisa langsung melalui: http://jurnal.dikti.go.id maupun http://garuda.dikti.go.id
  • Fasilitas penelusuran artikel dengan GDL (Ganesha Digital Library) yang merupakan program aplikasi perpustakaan digital yang sedang dikembangkan oleh pengelola perpustakaan FE UNDIP yang dapat menampilkan fulltext jurnal digital.
  • Fasilitas E-Prints UNDIP melalui UNDIP-Institusional Repository dengan alamat: http://eprints.undip.ac.id/.
  • Fasilitas tambahan melalui akses internet di lingkungan kampus FE UNDIP (misalnya: melalui free hotspot area) untuk mengakses “Database Jurnal lmiah Indonesia Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)”. ISJD tersebut sebagai pangkalan data jurnal ilmiah di Indonesia yang memuat +/- 5000 artikel dari 400 jurnal ilmiah terakreditasi dari berbagai disiplin ilmu. Dalam ISJD tersebut berisi kumpulan artikel ilmiah mulai dari bentuk bibliografi sampai pada dokumen lengkap yang dapat diakses secara gratis oleh pemustaka melalui http://isjd.pdii.lipi.go.id/.

Jam buka layanan perpustakaan di lingkungan FE Undip adalah sebagai berikut:

  • Unit Perpustakaan S1 Reguler Sirkulasi dan Referensi (Kampus Tembalang)
Senin s.d. Kamis : 08.00 – 12.00  WIB   Jumat : 08.00 – 11.30 WIB
  : 13.00 – 17.30  WIB     : 13.00 – 17.30 WIB
Sabtu : 10.00 – 12.00  WIB        
  • Unit Perpustakaan Referensi Program  D3 (Kampus Erlangga)
Senin s.d. Kamis : 08.00 – 12.00 WIB   Jumat : 08.00 – 11.30 WIB
  : 13.00 – 17.30 WIB     : 13.00 – 17.30 WIB
  •  Unit Perpustakaan Referensi Program PPA (Kampus Erlangga)
Senin s.d. Jumat : 08.00 – 20.00 WIB
Sabtu s.d. Minggu : 08.00 – 16.00 WIB (menyesuaikan jadual kuliah)
  • Unit Perpustakaan Magister Manajemen (Referensi & CD ROM= lt.1) (Kampus Erlangga)
Senin s.d. Kamis : 08.00 – 21.00 WIB   Sabtu : 09.00 – 16.30 WIB
Jumat : 08.00 – 11.30 WIB   Minggu : 09.00 – 16.30 WIB
  : 13.30 – 20.00 WIB        
  • Unit Perpustakaan Magister Sains Akuntansi (Referensi = lt. 1) (Kampus Erlangga)
Senin s.d. Jumat : 08.00 – 15.00 WIB
Sabtu s.d. Minggu : (khusus mhs MAKSI & menyesuaikan jadual kuliah)
  •  Unit Perpustakaan S3 (Referensi & Laboratorium Komputer = lt. 2) (Kampus Erlangga)
Senin s.d. Jumat : 08.00 – 16.00 WIB (khusus mhs S3)